Rabu, 01 Maret 2017

Sulit menemukan lokasi rumah idaman? Ini tipsnya

      Memiliki rumah merupakan impian semua orang. Kebutuhan akan rumah tak bisa dielakkan lagi. Beruntung bagi yang bisa memiliki rumah sendiri, tapi bukan berarti yang belum memiliki rumah tidak beruntung. Karena banyak pertimbangan tertentu sehingga masih banyak orang atau keluarga yang memilh menyewa rumah saja. Harga rumah yang tinggi di perkotaan merupakan salah satu alasan mengapa masih banyak yang menyewa. Ada juga keluarga yang akhirnya memutuskan untuk menyewa rumah karena alasan jarak ke tempat sekolah anak sehingga bisa menghemat waktu dan biaya, padahal keluarga itu telah memiliki rumah sendiri Banyak pula para pekerja kantoran dan mahasiswa yang menyewa rumah petak atau kamar karena alasan jarak ke tempat beraktivitas. Bagi para pedagangpun pilihan menyewa rumah harus dilakukan karena disesuaikan dengan tempat atau lokasi mereka berusaha. 
      Seringkali bagi para penyewa ini mendapati kendala tertentu pada saat menempati rumahnya. Entah itu lingkungan yang kurang baik, air yang kurang, harga sewa yang mendadak naik, bahkan ada juga yang 'diusir' secara halus dengan alasan rumahnya akan digunakan oleh pemiliknya. Bila sudah seperti ini biasanya mau tak mau mereka harus mencari lokasi rumah yang baru. Seringkali dengan alasan yang serupa para 'kontraktor' ini sampai harus berkali-kali pindah lokasi rumah, tentunya ini sangat merepotkan. Karena kebutuhan akan tempat tinggal yang mendesak seringkali mereka asal pindah saja, misal asal ditempat baru airnya banyak langsung saja pindah begitu saja. Padahal ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan dalam pemilihan lokasi rumah. Berikut ini ada beberapa tips memilih lokasi rumah :

1. Meminta Jeda Waktu
    Jangan tergesa-gesa itu kunci utamanya. Bila terpaksa pindah karena sang empunya rumah mengusir secara halus dengan alasan rumah akan digunakan, tipsnya mintalah jeda waktu beberapa hari atau maksimal satu minggu untuk mencari rumah lagi. Demikian juga bagi yang merasa sudah tidak betah karena lingkungan atau alasan yang lainnya, jangan terburu-buru pindah, sediakan beberapa waktu untuk menemukan lokasi yang sesuai.

2. Searching on Net
    Mencari informasi lewat internet bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Cara ini hemat waktu dan biaya, Memang informasi yang diperoleh hanya sebatas iklan yang ada, tapi cara ini cukup efektif.

3. Mencari info lewat surat kabar
    Selain lewat internet, informasi bisa didapat lewat surat kabar. Cara inipun hemat waktu dan biaya. kita bisa mendapatkan lokasi rumah yang sudah jelas alamatnya.

4. Mencari informasi lewat teman atau saudara
   Cara ini biasanya sangat efektif. Informasi yang didapat bisa sangat akurat terlebih apabila lokasi yang dimaksud dekat dengan tempat tinggal mereka, sehingga kita bisa mendapat gambaran terlebih dahulu mengenai lingkungan sekitar rumah sewa.

5. Luangkan waktu khusus
   Setelah informasi yang dikumpulkan terasa cukup, tips berikutnya adalah luangkan waktu khusus untuk mensurvey tempat-tempatnya. Waktu yang panjang akan memberikan ruang untuk mempertimbangkan dengan baik. Waktu khusus untuk mensurvey bisa menjadikan kita lebih leluasa memperhatikan lingkungan sekitar rumah. Berikut syarat tempat tinggal yang nyaman versi penulis:
- akses jalan yang mudah
- dekat dengan tempat ibadah
- dekat dengan grosir atau warung
- dekat dengan tempat pembayaran listrik dan pembelian pulsa
- dengan dengan penjual sayuran. Ini merupakan nilai plus, karena akan sangat merepotkan bila harus      pergi ke pasar setiap hari.

     Dalam mencari lokasi rumah sesuai keinginan yang terpenting adalah niat dan usahanya. Jangan dilupakan tips jangan tergesa-gesanya, karena hal itu yang paling penting. Jangan sampai harus pindah berkali-kali karena lokasi yang tidak sesuai Pemilihan lokasi yang strategis dan yang baik lingkungannyapun haruslah sangat diperhatikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar