Jumat, 17 Maret 2017

NHW#8 - Proses Pemantapan diri

     Setelah melalui berbagai macam NHW saya semakin mantap dan semakin menyadari akan arti proses pencapaian visi dan misi dalam hidup ini.  Dalam NHW#7 telah dibuat kuadran-kuadran tentang kegiatan yang suka dan bisa dilakukan. Sebenarnya sulit untuk memilih salah satu yang akan diseriuskan terutama antara menulis dan memasak. Menulis dalam prosesnya akhirnya ingin ditujukan untuk dapat menunjang perekonomian keluarga juga. Namun karena proses kebangkitan mental yang masih riskan terkontaminasi lagi akhirnya saya memfokuskan pada memasak,  suatu aktivitas yang saya suka dan saya bisa lakukan. Ini karena menulis bagi saya masih harus melalui proses panjang dalam pematangannya sedangkan ada sudut perekonomian keluarga yang mau tak mau saya harus ikut turun tangan dalam pemenuhannya.

      Berdasar aktivitas yang suka dan bisa tersebut akhirnya saya bisa menentukan dan memantapkan diri dalam pencapaian visi dan misi hidup. Adapun 3 elemen yang berkaitan dengan misi hidup dan produktivitas saya adalah saya ingin menjadi inspirator dan motivator bagi suami dan anak-anak. Dengan melakukan hal-hal bermanfaat yang bisa menunjang misi hidup dan produktivitas saya berharap bisa menjadi contoh bagi keluarga. Untuk menjadi contoh bagi keluarga tentunya kita harus melakukan hal-hal penunjangnya,  disini saya ingin melakukan hal yang bisa menunjukkan kemandirian saya seperti memiliki usaha yang mandiri dan mengikuti kegiatan-kegiatan positif lainnya. Dan untuk menunjang semua itu berarti saya harus memiliki basic ilmu yang cukup. Karenanya menimba ilmu yang berkaitan dengan misi hidup dan produktivitas adalah hal pokok yang harus dimiliki.

      Adapun dari aspek dimensi ada tiga hal yang saya pahami yang dapat mendukung misi dan produktivitas saya.

- yang ingin dicapai dalam kurun waktu kehidupan (lifetimepurpose).  Saya ingin mendapat ridho allah dan juga orang tua dalam mencapai keluarga sakinah mawadah warahmah. Yang tentunya keluarga samawa ini harus ditunjang dengan berbagai macam aspek dalam mewujudkannya, termasuk didalamnya ekonomi yang mapan.

- yang ingin dicapai dalam kurun waktu 5-10 tahun (strategic plan) adalah saya ingin bermanfaat bagi semua orang, bagi orangtua dan keluarga khususnya.

- yang ingin dicapai dalam kurun waktu satu tahun (new year resolution) adalah saya bertujuan memantapkan diri untuk mandiri dalam segala hal, terutama mandiri dalam usaha.

     Dalam pencapian segala tujuannya tentunya harus ditunjang dengan perencanaan yang matang. Insha allah dibawah ini adalah kegiatan-kegiatan yang bisa menunjang produktivitas saya selama satu tahun kedepan

1. Perbaikan Diri
    Mengoptimalkan ibadah. Membiasakan diri untuk tahajud, pengajian dan puasa senin-kamis
undikator keberhasilan: khatam al quran setiap bulan. dalam satu tahun dan insha allah khatam 12 kali.

2. Menyelaraskan Visi dan Misi dalam keluarga
    Kumpul keluarga satu minggu sekali dengan agenda curhat. melakukan kegiatan-kegiatan bersama dengan keluarga.
indikator keberhasilan: kompak dalam segala hal

3. Menentukan tempat menimba ilmu
    Bergabung dengan komunitas-komunitas yang bersinergi dengan misi hidup dan produktivitas.
indikator keberhasilan: penerapan ilmu yang dicapai dalam keluarga dalam kegiatan sehari-hari

4. Mengikuti pelatihan
    Bergabung dengan pelatihan-pelatihan baik yang diselenggarakan oleh komunitas maupun yang bersifat umum
indikator keberhasilan: pengaplikasian dalam menunjang produktivitas diri seperti praktek memasak dan praktek membuat penganan. Dan mencoba untuk memasarkannya sehingga bisa menghasilkan penghasilan tambahan.

5. Mengikuti event-event yang bisa meningkatkan kualitas diri
Menyempatkan diri mengikuti event-event yang berhubungan dengan produk makanan. seperti lomba masak, mengisi stand, pameran produk dan lain-lain.
indikator keberhasilan: produk makanan semakin dikenal dan diterima masyarakat

6. Menetapkan bidang usaha yang akan ditekuni
    Memantapkan diri akan satu bidang usaha yang akan diambil apakah berupa penjualan produk makanan ataukah menjual barang tertentu.
indikator keberhasilan: menyadari dan memahami passion yang sebenarnya yang tertuju pada bidang yang dimaksud.

7. Mencari tempat untuk lahan usaha
    Untuk memulai usaha mandiri harus menemukan terlebih dahulu tempat yang cocok dan strategis. Lokasi yang tepat sangat menunjang keberhasilan suatu usaha.
indikator keberhasilan: menemukan lokasi yang tepat dengan sasaran penjualan yang jelas.

8. Menjalankan usaha mandiri
    Setelah 7 tahapan sebelumnya tercapai maka langkah selanjutnya adalah pengaplikasiannya dengan memiliki usaha sendiri yang mandiri.
indikator keberhasilan : bersinergi dengan pasangan untuk memulai usaha

     Demikian usaha-usaha dan kegiatan yang dapat menunjang misi hidup dan meningkatkan produktivitas berdasar pemahaman saya. Semoga konsisten dalam melaksanakan kegiatannya selama satu tahun kedepan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar