Rabu, 31 Mei 2017

Womenwill Conference 2017

   
     Tanggal 24 Mei merupakan hari yang dinanti oleh para wanita mandiri di Bandung. Bagaimana tidak? Hari rabu kemarin hari bersejarah bagi kaum hawa yang melabelisasi dirinya sebagai wanita yang berkemauan keras untuk maju dan makmur. Dan saya kebetulan termasuk ke dalamnya. Walau sebetulnya agak kurang percaya diri karena usaha yang dirintis masih kecil-kecilan dan belum mapan dari segi modal. Tetapi bagi saya itu bukan suatu alasan untuk tidak menimba ilmu.
     Terpesona melihat begitu banyaknya peserta yang melakukan registrasi ulang. Saya semakin meyakinkan diri bahwa perempuan Indonesia memang kaum yang mandiri dan penuh dengan semangat untuk maju. Bahwa kaum wanita bukan lagi kaum minoritas yang disepelekan keberadaannya. Bahwa wanita adalah makhluk unik yang dengan keunikannya ingin mengejar mimpi-mimpinya, tapi tidak untuk kepuasan pribadi semata.

     Womenwill Conference 2017 diselenggarakan Google Indonesia dengan maksud menanggulangi ketidaksetaraan gender. Karena disaat wanita bisa, dia tidak hanya akan setara tetapi juga akan membawa perubahan luar biasa bagi sekitarnya dengan bisnisnya. Disaat wanita mempunyai niat pasti akan bisa ( Womenwill ). Google Indonesia dengan Womenwill ini bermaksud membina komunitas wanita Indonesia dengan memberikan keterampilan, dan bisa membangun usahanya dengan menggunakan kemajuan teknologi. Dimana masih banyak wanita yang belum mendapatkan manfaat teknologi karena belum tahu. Masih banyak yang belum paham cara menggunakan teknologi untuk mendapatkan informasi. Kebanyakan kaum wanita menggunakan internet hanya untuk sosial media saja. Sebesar 47% wanita menggunakan internet tidak untuk bisnis, sedangkan 32% masih belum tahu bagaimana caranya menggunakan teknologi untuk mendapatkan informasi. Sedangkan seperti yang diketahui, bisnis yang didukung kehadiran online bisa mengalami peningkatan 80%.
     Dengan menggunakan teknologi, wanita Indonesia bisa berusaha tanpa harus mengabaikan kewajiban utamanya mengurus keluarga. Karenanya Google Indonesia berharap dengan adanya Womenwill Conference 2017 ini para kaum wanita semakin melek teknologi. Saya sendiri takjub dengan minat para wanita untuk menghadiri acara ini. Terlihat dari banyaknya peserta yang melakukan registrasi ulang, yang dicadangkan untuk 800 peserta ternyata menjadi dua kali lipat jumlahnya. Pada saat registrasi para peserta diberi nomer dan questioner, nomer nantinya akan diundi untuk doorprize sedangkan questioner bisa ditukar dengan goodie bag. Adapula lomba mengabadikan acara tersebut dengan syarat membagikannya di instagram, dan pemenangnya mendapatkan pula hadiah dari google. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan bersama-sama. Womenwill Conference 2017 mempersembahkan empat pembicara wanita dari berbagai bidang, dengan tema yang menginspirasi dan menambah pengetahuan.
     Pembicara pertama adalah Nadya saib. Beliau seorang social entrepreuneur dan pemilik dari produk kecantikan Wangsa Jelita. Satu kalimat yang menginspirasi saya adalah ketika beliau berkata untuk merayakan selalu setiap momen keberhasilan. Dalam artian kita jangan sungkan untuk memberikan penghargaan pada diri kita sendiri.
     Pembicara kedua adalah Fida Heyder dari Google Indonesia. Ibu Fida menerangkan fungsi-fungsi dari kecanggihan teknologi untuk diaplikasikan pada bisnis yang kita miliki. Dan ternyata ada aplikasi Google Bisnisku yang bisa dipergunakan untuk lebih memperkenalkan bisnis kita pada konsumen. Kemudian adapula GAPURA Digital, sebuah pelatihan UMKM Indonesia yang diselenggarakan oleh Google Indonesia.
      Pembicara ketiga adalah Aprilia Melisa. Founder dan owner dari Papyrus photo. Dari beliau para wanita Indonesia semakin diyakinkan dengan manfaat teknologi. Kisahnya sangat menginspirasi terutama pola pikirnya yang diawalnya memikirkan bagaimana caranya bila dia menikah, dia bisa tetap mengurus anak dan bekerja pula. Sampai akhirnya dia bertemu dengan dunia digital dan bisa mengembangkan usahanya hingga sebesar sekarang. Dunia menjadi tanpa batas dengannya, dan kita bisa belajar kapan saja tanpa meninggalkan anak. Pembicara keempat adalah Pratiwi Sukmawati dari Google Business Group dengan tema tips berjiwa muda.
     Womenwill Conference 2017 ini sangat membuka pemikiran akan pentingnya mengenal bahkan menguasai teknologi. Kemajuan teknologi membantu para wanita untuk dapat berdikari tanpa harus meninggalkan keluarga.

     Diakhir acara ada jamuan dari pihak Google Indonesia untuk para peserta. Jamuan makan mewah di hotel berbintang, Hotel Harris Bandung. Terima kasih Google dengan segala kemudahan yang disediakan untuk kami para wanita Indonesia. Wanita Indonesia, wanita makmur, wanita maju. Kami pasti bisa !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar