Sabtu, 27 Mei 2017

The Nanny Day

       Kamu pastinya termasuk orang yang menanti-nanti datangnya weekendkan ? Sebal tidak ketika kamu sudah menyiapkan planning yang matang, eh tiba-tiba ada sedikit gangguan yang menyebabkan semua rencana buyar? Bagaimana yah rasanya ketika semua rencana jadi terabaikan karena tiba-tiba saja ditodong untuk menjaga anak-anak hehe. Waah pastinya tertegun-tegun deh. Itu yang saya rasakan weekend kemarin. Ketika pena dan notes telah disediakan untuk 'bertempur', eh ternyata ada 'medan perang' lain yang mau tidak mau harus dihadapi.
     4 tema yang harus digarap dengan dua orang anak saja sudah cukup membuat otak berputar. Dan sekarang harus ditambah lagi dengan dua ponakan yang masih imut-imut. Cenat-cenut di kepala jadi tidak terasa saking paniknya, panik karena 'amunisi' yang disiapkan kurang dan tidak sesuai dengan 'medan' yang sebenarnya. But don't panic! Karena dititipi mendadak itu sulit untuk menolaknya, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tarik napas panjang, dan berpikirlah!
    Untuk mengatasi yang serba mendadak ini kamu bisa mencoba beberapa tips yang saya terapkan kemarin :

1. Jangan Panik
    Bila terlanjur dititipi dan tidak bisa menolak,jangan panik! Karena panik tidak membuat otak bekerja baik, jadinya tidak bisa menyusun schedule.

2. Bereskan Diri Sendiri Dahulu
    Sebelum berjibaku dengan anak-anak, sebaiknya bereskan dahulu semua keperluan kamu. Mandi dan sarapan pagi dahulu akan membantu pikiran dan badan menjadi bugar.

3. Siapkan Makanan
    Makanan merupakan hal penting untuk anak. Pilihan makanan yang tepat untuk segala usia anak akan bisa membantu kamu menjalani peran nanny sepanjang hari. Menu simpel, cepat diolah, dan cocok untuk segala usia sangat disarankan. Contohnya saya mengambil menu sop ayam dan perkedel jagung untuk anak dan keponakan. Menu seperti itu sangat familiar bagi anak di segala usia.

4. Buat Anak Nyaman
    Tindakan selanjutnya adalah bagaimana caranya agar anak merasa nyaman. Anak biasanya akan rewel bila merasa tidak nyaman. Satu-satunya cara membuat anak nyaman adalah membiarkan dia sesuai dengan keinginannya. Tapi bukan berarti dibiarkan begitu saja dan tidak diawasi yah.

5. Jangan Memaksa Berlebihan
    Karena saya dititipi ponakan yang masih dalam keadaan tidur,jadinya segala kegiatan harus menunggu mereka bangun. Nah, anak akan sangat tidak suka bila dipaksa apalagi baru bangun tidur. Ada baiknya biarkan saja dulu mereka sejenak sesuai keinginannya. Bila misalnya inginnya main game di komputer, biarkan saja dulu sampai mereka tenang. Bila memaksa anak sesuai pola kamu pastinya mereka akan rewel, terlebih karena orang tuanya tidak ada, pasti akan lebih-lebih rewelnya. Bila anak telah merasa tenang dan nyaman barulah kamu bisa mulai mengaturnya sesuai pola yang diinginkan.

6. Berikan Camilan
    Anak ada bosannya dengan aktifitasnya. Begitu terlihat anak bosan, berikan camilan agar mereka senang kembali. Biasanya camilan yang disenangi anak seperti nugget, sosis,snack, puding, kue-kue,permen, buah potong, dan sebagainya.

7. Berikan Aktifitas Yang Menarik
    Anak cenderung cepat merasa bosan, terlebih bila dititipkan dengan waktu lama. Berikan aktifitas yang bisa menyita perhatiannya dalam waktu lama. Kamu bisa mengajak mereka menonton film-film kartun di DVD. Bila hari beranjak sore dan hari cerah, kamu bisa juga mereka bermain bola atau bulu tangkis di depan rumah. Aktifitas yang seru cenderung menjauhkan anak dari bosan dan rewel.

8. Ajak Anak Yang Lebih Tua Untuk Mengasuh
    Bila merasa keteteran karena harus mengurus rumah dan anak-anak, kamu bisa meminta bantuan si kaka untuk ikut mengasuh. Karena anak pertama saya cenderung cuek, akhirnya saya minta bantuan anak kedua untuk mengajak bermain sepupu-sepupunya. Cara ini efektif loh, anak-anak anteng hingga orang tua mereka datang.

      Ternyata mengasuh anak orang itu tidak gampang hehe. Tidak diperhatikan seksama, bisa-bisa disalahkan. Kunci utamanya buat mereka merasa nyaman, jadinya segala aktifitas akan lancar dengan sendirinya. Jangan lupa pula sediakan camilan yang sehat dan banyak. Dan pada akhirnya the nanny day akan terlewati tanpa harus bertempur dengan anak-anak.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar