Jumat, 05 Mei 2017

Sate Cicalengka

Antriannya Panjang
     Bandung, selalu tentang kota yang penuh dengan wisata kulinernya. Seperti hari ini ketika kembali kaki melangkah ke pasar baru, pamflet kecil dengan tulisan hanya 13 ribu menarik perhatian saya. Maklum emak-emak pastinya mencari sensasi yang berbau diskon atau harga miring hehe. Sedikit penasaran mata ini melongok ke dalam sebuah gang sempit. Ow ternyata tukang sate, jujur terhipnotis iklan yang ada, saya dan anak melangkahkan kaki kedalamnya.
     Gangnya sempit, alhasil gerobak dan tempat makannya mepet ke dinding, tapi bukan berarti tidak nyaman loh. Bagi pecinta makanan kaki lima seperti saya hal seperti ini sudah tak asing lagi. Justru menyenangkan bersempit-sempit ria sambil mengantri menunggu kursi yang kosong. Karena maag sedang melanda akhirnya saya hanya memesan satu porsi untuk anak saja. Pilihan satenya ada tiga macam, ayam, sapi, dan kambing. Ada pula gulai sapi atau kambing.
      Sambil menanti pesanan datang saya perhatikan porsi makanan yang dipesan beda-beda, ada yang isi sepuluh ada yang lima bahkan ada yang tujuh. Tadinya saya pikir satu porsi itu semua sama rata jumlahnya dengan harga 13 ribu. Rupa-rupanya saya kurang jeli, ternyata harganya tergantung dari jumlah sate yang dipesan. Untuk harga 13 ribu jumlah tusuk satenya hanya lima beserta satu porsi nasi. Jadi bila datang ke Sate Cicalengka harus jelas yah pesanannya, jangan sampai salah pesan seperti saya. Sate ayam satu porsi dengan jumlah sepuluh tusuk beserta satu porsi nasi dihargai 22 ribu disini. Ups, sedikit kecewa karena out of budget, tapi tak apa karena taste tidak bisa dihargai dengan nominal.
      Sate Cicalengka ini terletak di Jalan Pecinan Lama. Kepemilikannya dikelola oleh keluarga besar. Sate ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore. Itupun tergantung dari habisnya persediaan sate yang ada, bila jam dua sudah habis yah berarti tutup jam dua.Karena rasanya yang enak dan cenderung murah harganya, tempat ini selalu dipenuhi pembeli. Sampai-sampai mereka rela mengantri menunggu tempat duduk yang kosong. Karena tempatnya di gang sempit, kita harus siap-siap loh pindah tempat kalau ada motor yang lewat hehe. Tapi itu bukan masalah, itulah uniknya makan di kaki lima. Nah bagi para emak yang kebetulan ke pasar baru, jangan lupa untuk mampir di Sate Cicalengka ini yah


Gerobak Sate




1 komentar: