Kamis, 23 Februari 2017

NHW#5 - Desain Pembelajaran

     Ketika mempelajari NHW#5 saya benar-benar tercenung. Betapa NHW kali ini membutuhkan penjabaran tentang seberapa jauh pemahaman saya tentang NHW-NHW sebelumnya. Tentang seberapa seriusnya saya dalam hal pelaksanaannya dalam keluarga. Betapa dituntutnya keseriusan saya dalam penguasaannya. Ini semakin menambah keyakinan bahwa setiap materi yang didapat membutuhkan keikhlasan dalam pemahaman dan pelaksanaannya. Berkeyakinan bahwa NHW#5 kali ini adalah sebagai kerangka dari proses belajar yang akan dijalankan, demikian desain pembelajaran yang saya pahami :

1.Menentukan jurusan ilmu
   Mengetahui dengan pasti jurusan ilmu yang akan dipelajari akanlah sangat membantu dalam proses menimba ilmu terkait. Sehingga tidak terjadi sembarang menyerap ilmu. Jurusan ilmu peningkatan kualitas diri merupakan jurusan yang saya ambil

2.Menetapkan indikator-indikator
  Menetapkan program pembelajaran akan sangat dibantu dengan adanya indikator yang tepat. Sehingga dapat dengan jelas program dan metode belajar seperti apa yang akan dijalani. Adapun indikator yang diperoleh adalah dari diri pribadi, dari suami dan dari anak. Semuanya menjadi modal awal penyusunan program pembelajaran.

3.Maksud dan Tujuan
   Dengan memahami maksud dan tujuan dari jurusan ilmu yang diambil, insha allah akan terhindar dari keraguan dan ketidakpastian dalam menjalani proses pembelajaran. Maksud dan tujuan yang jelas akan memperjelas dan memperkuat alasan mengapa jurusan ilmu tersebut yang ingin dijalankan. Memahami peran hakiki saya dalam keluarga menjadi modal dalam mengambil langkah-langkah untuk mencapai keluarga mandiri,

4.Metode Belajar
  Metode belajar yang diambil seperti mengikuti seminar-seminar, workshop, bergabung dengan grup-grup WA dan FB, yang berkompeten dengan jurusan ilmu yang diambil. Mengambil informasi yang berkaitan dari buku ataupun surat kabar. Tentunya dengan menyeleksi terlebih dahulu informasi yang diambil. 

5.Program Belajar
*senin-selasa: penerimaan materi
*rabu-kamis : pembahasan dan pemecahan masalah
*jumat          : penulisan jawaban-jawaban
*sabtu          : evaluasi
Setiap hari merupakan praktek dari materi yang didapat dengan berpegang pada indikator yang ada.

6.Tempat Menimba Ilmu
   Institut Ibu Profesional merupakan tempat menimba ilmu yang saya prioritaskan. Dan ada beberapa grup menulis dan bisnis tempat saya memperoleh ilmu tambahan.

7.Penilaian
   Dan pada akhirnya evaluasi dari hasil pembelajaran akan sangat dibutuhkan sebagai tolak ukur keberhasilan. Tim yang berhak menilai saya tetapkan suami dan anak-anak. Evaluasi akan dilakukan setiap satu bulan sekali.

  Desain pembelajaran yang sesuai dengan kapasitas pemahaman saya ini akan menjadi kerangka dalam menjalankan proses menimba ilmu dan pelaksanaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar