Sabtu, 07 Juli 2018

Kampung Cai - Backpacker


Hai sahabat traveler, bagaimana dengan liburan kali ini? Sudah menemukan tempat wisata asyik, ataukah masih dalam tahap mencari? Kalau masih bingung, kalian bisa coba jelajahi daerah Bandung selatan. Di sana banyak sekali pilihan tempat berlibur. Atau ingin mencoba sesuatu yang berbeda, seperti berkemah? Yuk, kita kunjungi salah satu tempat berkemah terasyik di Ciwidey.


Ciwidey memiliki destinasi wisata yang beragam. Untuk tempat berkemah saja ada berbagai pilihan.  Salah satunya adalah Kampung Cai. Tempat perkemahan ini sangat lengkap. Kalian bisa mendapatkan kolam renang air hangat, penangkaran rusa dan tempat outbond menarik di sana. Bagi yang tak mau repot membawa perlengkapan kemping pun, bisa langsung menyewa di tempat.

Kampung Cai terletak di dekat kawasan wisata Kawah Putih dan pemandian air panas Cimanggu. Sebenarnya wisata kemping ini dapat ditempuh dengan waktu yang relatif tidak lama. Tapi apabila memasuki high season seperti sekarang ini, disarankan melakukan perjalanan di pagi hari. Karena jalur Ciwidey-Bandung termasuk padat bila memasuki musim liburan.

Tempat wisata ini pun terbilang mudah dicapai bila menggunakan kendaraan umum. Kalian bisa naik elf jurusan Bandung-Ciwidey dari terminal Leuwi Panjang. Jika tak ingin berlama-lama, bisa langsung naik elf ini dari Jalan Kopo. Biasanya kendaraan ini ada di sepanjang Jalan Kopo sesudah belokan Jalan Caringin. Tarifnya sekitar dua belas ribu rupiah hingga terminal Ciwidey. Dari terminal  bisa dilanjutkan dengan angkot kuning jurusan Rancabali dengan tarif sepuluh ribu rupiah. Atau bisa juga dengan ojek motor. Tarifnya dipatok dua puluh ribu rupiah.

Jalan masuk ke Kampung Cai selain dari jalan utama bisa juga dari jalan Taman Wisata Cimanggu. Jalan alternatif ini tak jauh dari jalan utama, dengan ciri gapura warna hijau. Lewat jalan TWA Cimanggu ini bisa lebih hemat waktu dan jarak. Di sekitar Kampung Cai ada juga tempat perkemahan yang lain. Kalian bisa juga masuk ke tempat-tempat itu untuk sekedar berfoto.

Untuk masuk ke Kampung Cai, kalian cukup membayar lima belas ribu rupiah perorang.  Berkemah satu malam dikenai biaya sepuluh ribu. Untuk mobil dan kendaraan lain dikenakan tarif yang berbeda. Oh, yah, bagi yang tak mau repot membawa perlengkapan kemping, di tempat itu telah disediakan lengkap.






Tapi lebih asyik lagi jika membawa perlengkapan sendiri. Tempat penyewaan peralatan kemping yang disarankan ada di Jalan Bojongkoneng nomor 24 Cikutra. Bugenville menyediakan perlengkapan berkemah sangat lengkap dengan harga yang ringan di kantong. Tenda untuk empat orang dihargai 40 ribu perhari. Matras dan sleeping bag lima ribu. Dan perlengkapan lainnya pun dihargai dengan nominal yang ramah.

Perkemahan Kampung Cai memiliki tempat yang luas. Kalian bisa memilih tempat sesuka hati. Kebanyakan yang berkemah di sana memilih tempat yang dekat dengan pusat keramaian. Mereka mengambil tempat sekitar mesjid. Ada bukit dekat pintu masuk bagi yang ingin sensasi berkemah di hutan. Jangan kaget jika tempat berkemah ini tak seperti yang dibayangkan. Karena di tempat ini lengkap fasilitasnya. Kalian tak perlu khawatir akan kekurangan.

Kayu bakar seharga lima belas ribu bisa di didapat di warung-warung terdekat. Ada jagung juga buat kalian yang ingin bakar-bakaran di malam hari. Bila kehabisan air minum bisa mengambil di keran-keran air bersih. Sebenarnya tempat ini bisa dikatakan sangat lengkap. Mesjid ada di dekat lapangan perkemahan. Bahkan toilet pun tersedia. Ada toilet gratis di tengah lapang. Untuk yang berbayar bisa dipaketkan lima ribu sehari. Kalian pun bisa mengisi baterai ponsel di warung terdekat. Biasanya kita harus membayar dari tiga hingga lima ribu.

Di dalam tempat wisata ini ada penangkaran rusa. Kalian bisa masuk untuk memberi makan rusa-rusa dengan wortel yang telah disediakan. Selain itu ada kolam renang air hangat. Adapula wahana outbond. Berkuda dan panahan pun tak ketinggalan. Semua wahana buka dari pukul delapan pagi hingga lima sore. Jadi bagi kalian yang tak bertujuan berkemah pun bisa menikmati segala fasilitas wisata yang disediakan.

Kegiatan berkemah bisa djadikan tahap mendidik anak-anak. Mereka bisa belajar dekat dengan alam. Mendidik mereka untuk mandiri. Mulai dari mendirikan tenda hingga cara menyalakan api unggun. Kerjasama dan tolong menolong pun sangat diutamakan di sini.




Bagaimana tertarik untuk berkemah di Kampung Cai? Kalian juga bisa sekalian mengunjungi tempat wisata yang tak jauh letaknya dari tempat itu. Seperti Kawah Putih, Cimanggu dan Situ Patenggang. Oh, yah, kalau sudah selesai kemping jangan lupa yah untuk membuang sampahnya. Cintailah alam, maka alam pun akan mencintai kita.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar