Sabtu, 14 Juli 2018

Eat Clean Sebagai Gaya Hidup

Problema manusia metropolitan saat ini adalah waktu. Mobilitas yang tinggi menyebabkan berkurangnya kesempatan untuk melakukan aktivitas tertentu. Perputaran kegiatan yang cepat mengharuskan kita melakukan kegiatan dengan efektif dan efisien. Celakanya hal itu merembet ke pola hidup. Waktu untuk mengelola tubuh agar tetap sehat jadi terabaikan. Olahraga jadi sesuatu hal yang mahal. Makanan instan dan _junkfood_ pun jadi solusi setiap hari. Tanpa disadari kita berubah jadi manusia 'kemasan'. Makanan dan minuman dengan label gizi yang dipertanyakan jadi penghias sudut rumah kita.

Saya sempat terkecoh dengan dengan istilah eat clean. Selintas dalam pikiran muncul pemahaman jikalau istilah itu adalah sejenis diet. Saya baru paham arti istilah itu setelah melalui berbagai proses interaksi dengan internet dan para pelaku eat clean. Ternyata eat clean bukanlah diet. Tapi merupakan metode makan sebagai gaya hidup, seperti yang dilansir pada Fitday.com. Kemudian apa hubungannya metode tersebut dengan perilaku manusia metropolitan? Bisa digarisbawahi, ternyata gaya hidup tidak sehat kita solusinya adalah eat clean.

Gaya hidup dan pola makan tidak sehat jadi 'teman' bagi kita para pemburu waktu. Tanpa disadari,  kita telah menabung penyakit dengan perilaku tersebut. Obesitas dan istilah-istilah penyakit yang asing di telinga mulai jadi list panjang di memo. Kemudian solusi diet pun jadi pilihan untuk menyeimbangkan fungsi dan metabolisme tubuh. Sayangnya setelah tujuan tercapai, diet pun ditinggalkan.

Adapun eat clean bukanlah diet. Diet akan selesai bila berat badan telah turun. Tapi eat clean dilakukan seterusnya. Karena dia merupakan metode makan, yang mengharuskan seseorang mengonsumsi makanan alami tanpa proses memasak yang lama. Bila dipelajari lebih lanjut, ternyata metode ini merupakan gabungan dari berbagai jenis diet.  Adapun jenis diet yang sudah populer di kalangan masyarakat seperti:

- Diet nasi putih

Diet ini bertujuan mengganti konsumsi nasi putih dengan nasi merah, kentang, jagung, ubi, singkong dan pangan lainnya yang mengandung karbohidrat.

- Diet Mayo

Diet ini bertujuan mengonsumsi makanan tanpa garam dan gula. Makanannya pun diolah sebisa mungkin dengan cara direbus dan dikukus.

- Diet GM

Diet ini dicetuskan oleh sebuah perusahaan untuk meningkatkan kesehatan pekerjanya. General Motor mencanangkan pola makan tujuh hari dengan menu makanan yang berbeda setiap harinya. Yang isinya cenderung ke nasi merah, susu, buah dan sayuran. Diet ini baik dilakukan sebagai detoksasi tubuh. Dan bisa diulangi bila dirasa perlu.

- Food Combining

Diet ini cenderung memaksimalkan konsumsi buah-buahan dan makanan yang berserat tinggi.

- Diet Rendah Lemak

Diet ini sangat menghindari makanan yang berlemak tinggi. Seperti daging merah, kacang-kacangan, dan susu. Susu bisa diganti dengan yang rendah lemak.

- Diet Tinggi Lemak

Diet ini cocok bagi yang menginginkan tubuh lebih berisi. Tentunya harus disertai konsultasi menu makanan yang tepat dengan pakarnya.

- Diet Protein

Diet protein ini bertujuan mengonsumsi makanan berprotein dalam jumlah tertentu untuk menunda rasa lapar. Protein membuat rasa lapar kita lambat datangnya.

Clean eat sendiri berprinsip mengonsumsi makanan yang segar dan melalui proses pemasakan yang baik. Prinsip utamanya adalah tidak mengonsumsi makanan kemasan dan makanan segar merupakan hal yang paling utama. Yang dimaksud makanan segar adalah makanan yang kandungan vitamin dan nutrisinya masih utuh. Dan semua nutrisi itu penting untuk menginduksi kekebalan dan meningkatkan kesehatan tubuh. Bisa Saya tekankan bila membeli makanan di pasar tradisional lebih dianjurkan dalam metode ini daripada pasar modern. Dan disiplin dalam gaya hidup adalah mutlak dalam eat clean.

Adapun hal-hal di bawah ini adalah yang harus diperhatikan dalam metode ini.

1. Konsumsi makanan segar.

2. Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.

3. Konsumsi karbohidrat kompleks sebagai sumber makanan pokok (roti, gandum, nasi merah). Dan juga makanan tinggi protein agar dapat menahan rasa lapar lebih lama.

4. Selalu perhatikan nilai gizi pada label makanan. Bila lebih dari satu zat aditif, sebaiknya dihindari. Pembatasan kadar natrium dan gula sangat penting dalam metode ini (2300 mg).

5. Perhatikan porsi dan jam makan

Pemilihan jenis, porsi dan waktu makan yang teratur sangat diperhatikan dalam clean eat. Yang dianjurkan adalah makan dengan porsi-porsi kecil. Hal ini bisa membantu menahan lapar.

6. Minum air mineral

Dianjurkan minum dua atau tiga liter air mineral dalam sehari. Selain dapat terhindar dari dehidrasi. Air merupakan perantara dalam proses pencernaan.

Manfaat clean eat sangat besar bagi yang menerapkannya. Pengurangan berat badan diperoleh secara signifikan dengan metode ini. Proses metabolisme yang lancar karena konsumsi air mineral dan bahan alami,  memudahkan penambahan energi. Bahan-bahan yang dicerna ini akan membuat tubuh lebih sehat. Dan berpengaruh besar pula terhadap kesehatan kulit dan rambut (kecantikan). Sangat jelas bila metode ini bisa dijadikan solusi dari kerusakan gaya hidup manusia milenia.

Sayangnya eat clean tidak cocok untuk anak-anak. Karena dalam metode ini ada pengurangan pada asupan karbohidrat. Sedangkan karbohidrat merupakan bahan bakar utama bagi otot dan otak bayi, balita dan anak-anak. Pembatasan  karbohidrat dan asupan kalsium dapat memperlambat pertumbuhan anak serta kekuatan tulang mereka. Metode ini akan cocok diterapkan pada anak yang memiliki penyakit celiac. Dimana tubuh penderitanya rentan gluten. Adapun gluten adalah protein yang terdapat dalam biji-bijian seperti gandum, gandum hitam dan jelai (barley).

Dari paparan di atas saya dapat menarik garis bahwa eat clean memang sebuah solusi untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Metodenya yang merupakan gabungan dari berbagai jenis diet, menjadikannya sebuah metode makan yang patut dipraktekkan. Bisa dikatakan pula gaya hidup sehat ini sudah tak asing bagi kita. Prinsip metode ini hampir sama dengan prinsip gizi seimbang yang dianjurkan pemerintah. Satu hal lagi, dalam eat clean konsumsi suplemen tambahan gizi sangat dihindari. Karena sebenarnya zat gizi itu akan kita peroleh dari makanan segar yang kita konsumsi. Pada dasarnya dengan prinsip back to nature, metode ini patut menjadi acuan gaya hidup sehat kita.


Sumber:
-Vemale.com
-Kompas.com
-artikel-artikel terkait
-narasumber terpercaya

#tugas_esai_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar