Kamis, 12 April 2018

Eksotisme Curug Cipeureu

     Apa yang ada dipikiran kalian ketika mendengar kata Lembang? Sepertinya hamparan kebun teh, ketan dan jagung bakarnya yang pasti terlintas. Destinasi wisata di tempat ini memang sangat variatif. Dan kebanyakan sangat menghibur karena mengambil konsep wisata alam. Tapi pernah tidak mencoba  destinasi lain yang hampir tak terlihat dan terdengar? Dan di wilayah yang sering dianggap masih Lembang ini ternyata ada satu tempat tujuan wisata yang eksotis. Tempat yang sangat disayangkan bila tidak dikunjungi.

   
     Seperti menemukan harta karun ketika mengunjungi tempat ini. Awalnya dari pembicaraan tak sengaja ketika sedang mengunjungi tempat kuliner di tepi jalan dekat jalan masuk menuju Gracia. Jalan menuju Gracia tampak tak pernah sepi dari kendaraan bermotor. Ternyata selain karena ada perkampungan, Sebelum Gracia terdapat sebuah tujuan wisata yang tersembunyi. Curug Cipeureu, sebuah air terjun kecil di tengah perkebunan teh.

      Akses menuju tempat ini sangat mudah. Patokannya adalah jalan masuk menuju Gracia Spa Subang. Di sepanjang jalan menuju curug ini terdapat rumah-rumah penduduk. Uniknya deretan rumah itu di cat dan dilukis dengan tema yang berbeda-beda. Cukup menyegarkan mata karena warna cerianya jadi sangat mencolok di antara hijau pepohonan. Pintu masuk Curug Cipeureu berada di sisi kanan jalan. Tepat di persimpangan jalan. Yang mengasikkannya, kita harus melewati perkebunan teh dulu untuk sampai ke tujuan. Oh, ya, jalannya hanya bisa dilewati motor. Yang membawa mobil biasanya parkir di tepi jalan di dekat jalan masuk ke curug. Jaraknya hanya sekitar 150 meter untuk sampai ke tempat pembelian tiket. Jadi disarankan untuk jalan kaki melintasi kebun tehnya. petualangannya akan jadi lebih terasa.

       Ketika sampai ke tempat tiket aroma eksotisme Curug Cipeureu sudah mulai terasa. Harga tiket pun sangat bersahabat. Dengan sepuluh ribu rupiah kita sudah dapat menikmati keindahan tempat ini. Asiknya tidak ada batasan waktu buka dan tutup di tempat wisata ini. Jadi bagi yang ingin berlama-lama, bisa pula menikmati suasana malam.  Untuk sampai ke curug ini kita harus menuruni anak tangga dari tanah. Tentunya masih di tengah perkebunan teh. Pemandangan sepanjang menuruni kebun teh ini benar-benar mengaduk imajinasi. Tempat wisata ini ternyata menyimpan begitu banyak keindahan.

8





       Di dalam area curug terdapat saung-saung dari kayu beratapkan injuk. Mushola pun tersedia. Jangan khawatir kelaparan disini. Satu-satunya warung kecil yang ada menyediakan jagung bakar dan makanan lainnya. Menariknya ada dua buah jembatan di atas sungai kecilnya. Satu jembatan dibangun bertingkat sehingga pengunjung bisa melihat curug dari atas. Oh, ya  di tengah kebun teh pun ada rumah pohon. Bisa dikatakan tempat ini sangat cocok bagi yang menyukai  selfie. 
    
       Air curugnya sangat bening karena bersumber langsung dari Gunung Keramat.  Area di dalam curug pun aman untuk dimasuki. Karena kedalaman airnya rendah, anak-anak jadi bisa bermain air di dekat air terjun. Bisa juga menyusuri sungai kecilnya yang dangkal. Curug Cipeureu ini benar-benar tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga. Bagaimana, penasaran dengan tempatnya? Ayo, segera buat rencana dengan orang-orang terdekat, dan kunjungi curug ini!
   
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar