Selasa, 20 Februari 2018

Agrowisata Saung Manglid

     Bagaimana, masih kesulitan memilih tujuan wisata yang edukatif? Jangan sampai kita menjadikan liburan, hanya sebagai momen berhura-hura saja. Bermain sekaligus menambah ilmu adalah dua hal yang tak sepantasnya diabaikan. Sekarang mari kita menepi sejenak ke Kota Purwakarta. Di kota yang kaya budaya itu ada sebuah resto&cafe yang unik. Penasaran seperti apa tempatnya? Yuk, kita intip keunikannya.
      Saung Manglid adalah sebuah resto&cafe yang terletak di Desa Pusakamulya Kecamatan Kiarapedes-Kabupaten Purwakarta. Tempat wisata edukatif yang mengambil konsep agrowisata itu, buka setiap hari dari pukul delapan pagi hingga pukul enam sore. Di hari libur nasional pun tetap buka seperti biasa. Tempat ini pada awalnya merupakan lahan pertanian seluas tiga hektar. Sebagai penghasil benih, tempat ini sering dikunjungi tamu dari luar kota. Akhirnya, demi memfasilitasi mereka, disediakanlah tempat untuk menginap. Yang kemudian berkembang menjadi sebuah resto&cafe.
     Manglid sendiri diambil dari nama sejenis kayu. Nama itu digunakan karena bangunannya di dominasi oleh kayu tersebut. Uniknya, tempat wisata itu sangat menonjolkan seni artistik dari kayu dan bambu. Sangat cocok untuk orang-orang yang menyukai selfie dan welfie.


    Memasuki Saung Manglid, mata kita akan dimanjakan dekorasi dan furnitur yang artistik. Di halaman muka terdapat kolam ikan. Anak-anak biasanya senang berada di tempat itu, karena mereka bisa ikut memberi makan ikan. Cafe&resto sendiri menyediakan menu dan jajanan tradisional. Tempat makan yang disediakan pun mengusung beraneka tema. Mulai dari tema romantis sampai dengan lesehan pun tersedia di sana. O, ya, Saung Manglid pun menyediakan tempat meeting berkapasitas 30 orang. Suasana yang artistik di tempat terbuka, sangat mendukung untuk jamuan dan pertemuan.




     Bagian lain yang tak kalah menarik adalah Taman Carangka dan tempat pembibitan. Untuk memasuki Taman Carangka kita cukup membayar tiket sepuluh ribu rupiah. Menariknya, pengunjung taman ini diberi suvenir berupa benih tanaman. Jangan kaget melihat keindahan taman ini. Setiap sudutnya memiliki seni artistik. Silahkan memuaskan keinginan berfoto ria di Taman Carangka.




     Kemudian yang tak kalah menarik adalah tempat pembibitan. Sesuai dengan konsep dasarnya tentang tempat wisata yang edukatif. Saung Manglid sering dijadikan tempat pelatihan pertanian. Dan sebagai salah satu tempat outing class bagi para pelajar. Seperti diketahui, di Purwakarta setiap dua minggu sekali siswa diwajibkan belajar di luar ruangan. Di tempat pembibitan ini anak-anak akan mendapat pelajaran bercocok tanam. Seperti memilih benih yang baik, menanam, menyemai, menyiram dan memberi pupuk.







      Saung Manglid merupakan tempat wisata edukatif yang komplit. Baik anak-anak maupun dewasa bisa ikut ambil bagian di tempat ini. Tempat yang artistik, unik dan indah ini sangat sayang bila dilewatkan begitu saja. Bagaimana, tertarik untuk mengunjunginya? Yuk, kita belajar menjadi petani di Saung Manglid.

2 komentar:

  1. saran:

    dari segi fotonya menarik dan bagus, tapi dari segi format dan paragraf kurang menarik.

    coba bayangkan kakak adalah pembaca blognya sendiri dan aturlah biar pembaca nyaman. kenyamanan pembaca itu harus diutamakan yaaaa...

    pokoknya postingannya sangat menarik kakak

    BalasHapus
  2. Format dan paragrafnya harus seperti apa?

    BalasHapus