Selasa, 24 Januari 2017

Nice Homework #1

     Akhirnya matrikulasipun dimulai pada tanggal 23 januari kemarin. Dag dig dug itu pasti, tertantang masih encerkah otakku ini? hehe pertanyaan yang sedikit banyaknya mengungkap gelitik minder di diri ini. Peserta yang luar biasa, ibu-ibu yang luar biasa. Siapa bilang emak rempong otaknya gak berisi ? dan baru beberapa hari semakin yakin dengan kredibilitas para peserta matrikulasi batch #3 ini, aku mah apa atuh...Ups! i think thats wrong, mengutip perkataan Teh Ismi Fasilitator kita yang keceh, SEMUA ADALAH MURID SEMUA ADALAH GURU (maafkan bila terbalik, malas manjat hehe..). Nah itu baru yang benar, tidak ada yang lebih pintar tidak ada yang lebih benar dalam adab ilmu, semuanya sama, sama-sama belajar.

     Masih dengan predikat silent reader, tergelitik untuk menjejakkan sidik jari di diskusi grup, tapi rupanya si aku yang rempong ini hanya sempat membaca dan memahami di sela-sela paciweuhnya ( insha allah akan lebih aktif nantinya). Dan hari kemarin nice homework yang dinantipun muncul, terpesona dengan pertanyaannya, benar-benar membuatku tercenung. Well, sedikit berbekal tentang adab ilmu, saya ingin mencoba menjawabnya dengan pemahaman yang ada.

NICE HOMEWORK#1

ADAB MENUNTUT ILMU

1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.
    Benar-benar pertanyaan yang membutuhkan perenungan dalam. Hampir seharian mengolah jawabannya. Bismillah, ilmu yang ingin saya tekuni adalah ilmu pengembangan kualitas diri. Begitu banyak keterampilan dan hobi yang ada didiri saya yang terbengkalai begitu saja selama sibuk dengan pekerjaan kantor. Insha allah saya berkeyakinan bila diasah dan dilatih kembali dengan sungguh-sungguh akan banyak bermanfaat bagi yang lain, terutama orang-orang terdekat.

2. Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.
        Insha allah saya ingin bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi keluarga. Saya ingin bisa berbuat banyak untuk membantu suami dalam mencari nafkah terutama setelah resign baru-baru ini. Buat anak yang biasanya banyak mencicipi makanan diluar, mulai dibiasakan mencicipi jajanan ala ibunya. Hobi menulis dan membaca yang mulai dibiasakan kembali, berharap menular pada anak khususnya dan semoga bisa menyebarkan banyak manfaat lewat tulisan-tulisan. aamiin.

3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?
    - bergabung dengan komunitas
    - mengikuti pelatihan-pelatihan online maupun offline
    - tukar pikiran dengan teman
    - banyak membaca dari buku dan internet
    
4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.
    - lebih selektif menerima ilmu terutama dari internet
   - mendisiplinkan diri dalam hal waktu. harus bisa mengatur waktu dengan baik tentunya agar tugas utama sebagai istri dan ibu tidak terbengkalai
      - insha allah lebih meningkatkan ibadah
      - lebih disiplin dalam membuat catatan


    yah,  seperti inilah hasil perenungan yang saya pikir masih belum maksimal. semoga bisa konsekuen dengan hasil pemikirannya, dan bisa menimba ilmu sesuai dengan tujuan yang dimaksud. its really nice homework for me 😊. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar