Kamis, 12 Januari 2017

Bandung itu asyik loh!

     Berlibur, kata yang memiliki dua sisi mata uang bagi kami. Siapa yang tak senang menyambut datangnya liburan?Berkumpul dengan anak yang notabene waktu bermain dengan orang tuanya sangatlah minim karena kesibukannya belajar, merupakan moment yang sangat berarti bagi kami yang sama-sama sibuk. Namun disisi lain berarti ada pekerjaan rumah tambahan, karena liburan yang diharapkan adalah yang penuh makna dan manfaat bagi anak. Dan merencankannya ternyata lebih sulit dari menyiapkan strategi keuangan hemat hehe... jangan sampai anak mengeluh bosan, dan jangan sampai anak diam di rumah tanpa ada pembelajaran santai yang bermanfaat. Dan yang terpenting janganlah sampai liburan sampai habis menyita uang tabungan. Nah inilah yang menjadi sisi mata uang yang terpenting bagi kami. 

     Planning for Vacation yang minim pengeluaran itu yang akhirnya jadi tema liburan kali ini. Dua minggu waktu yang cukup membosankan bagi anak yang biasa aktif di sekolah. Searching di internet sangat membantu untuk riset awal tempat-tempat yang mengasikkan yang penuh dengan pembelajaran bagi anak, dan tentunya yang diharapkan, minim pengeluaran. Minggu pertama sampai tahun baru terlewati dengan sempurna karena seperti biasa kami menjemput bola istilahnya hehe...alhamdulillah keluarga dekat diluar kota selalu mengajak anak-anak untuk berlibur bersama. yang pastinya berbagai atribut kesenangan berlibur dinikmati mereka disana, dalam artian pengeluaranpun bisa lebih hemat lagi. Bundapun bisa melakukan hal yang sama seperti mengantar anak untuk berlibur dirumah neneknya di kampung. Pedesaan biasanya tempat berlibur yang penuh tantangan bagi anak-anak.

     Minggu kedua setelah anak-anak dirumah kembali mulailah rencana dijalankan. Dua hari cukup bagi anak untuk istirahat setelah bepergian dari luar kota. Hari ketiga kami ajak anak untuk membersihkan semua atribut sekolah. walaupun korban sabun dan air yang tumpah dimana-mana, tapi alhamdulillah mereka senang. Hari keempat kami ajak anak untuk menjadi asisten dirumah, mereka menentukan tempat mana yang harus dibersihkan, dan lagi-lagi kamar mandi yang jadi sasarannya hehe...bermain air sangatlah mengasikkan bagi anak. Hari kelima yang kebetulan hari jumat, kami merencanakan satu hari liburan di Kota Bandung. Yang menjadi tujuan kami diawal rencana adalah PUSDAI.


      Ternyata hari jumat di PUSDAI itu sangat ramai. Ada pasar di sepanjang jalan di gerbang yang dekat tiang bendera, banyak jajanan tradisional dijual disana. Bunda bisa eksplorasi ide berbelanja disana sepuasnya loh, karena harga-harganya cukup murah menurut kami. Yang menarik ternyata ada wahana panahan disana, dari saearchery. Dengan harga yang beragam mulai dari 25 ribu kita bisa menikmati wahana memanah dengan belajar mengenai sasaran. Panahnya unik dengan ujung yang tumpul dan papan sasaran yang berupa lingkaran-lingkaran dalam diameter yang berberda. Kitapun mendapatkan sedikit arahan untuk memanah yang benar.
     Yang mengasikkan lagi banyak sekali anak-anak yang bermain sepatu roda dipelataran PUSDAI, senang sekali melihat tempat tujuan kami seramai ini. Banyak keluarga yang datang dari luar kota yang khusus datang kesana di hari jumat itu. Ketika mendekati waktu dhuhur kami sengaja membiarkan anak-anak bereksplorasi di dalam mesjid, sesuai dengan tujuan wisata rohani kami. Mereka antusias melihat segala fasilitas yang ada dan ikut menunggu waktu solat jumat bersama para bapak yang ada di mesjid. Alhamdulillah PUSDAI sangat menyenangkan bagi kami.



     Tujuan selanjutnya kami adalah Gasibu. Dan kami hanya bisa bilang WOW hehe...sangat menyenangkan melihat anak-anak bisa begitu bergembira disana. Setiba di Gasibu hal pertama yang dilakukan mereka adalah lomba lari dilintasa biru. Bermain sambil berolahraga hmm...sewaktu-waktu rupanya perlu kami agendakan kembali liburan seperti ini. Disanapun ada gambar-gambar gubernur jawa barat, sayang tak sempat kami foto karena pencahayaan yang kurang tepat. Anak-anakpun jadi bisa belajar sejarah. Yang tak kalah asik ada perpustakaan mungil yang sangat nyaman di Gasibu. Benar-benar nyaman sampai tak terasa saya menghabiskan setengah buku disana. Anak-anak asik dengan komputer yang disediakan disana, tentunya tidak untuk game online. Bahkan anak pertama kami sempat ulangan susulan dengan aplikasi Quipper school menggunakan komputer disana, luar biasa benar-benar bermanfaat.


      Sayangnya waktu kurang memadai sehingga hari itu tak bisa dilengkapi dengan mengunjungi Museum Geologi dan Gedung Sate. Padahal dengan berjalan kaki tidak memakan waktu 10 menit. Gedung Sate bisa dikunjungi dengan memasuki gerbang belakang, kita bisa ikut permisi untuk foto-foto dan edukasi singkat disana. Anak-anak sudah terlalu lelah, jadinya kami agendakan untuk kunjungan di hari lain. Bandung ternyata asik yah mih!! itu yang terlontar dari mulut mereka sambil menikmati mie ayam di pinggir jalan. Yah, memang banyak tempat berlibur untuk keluarga di Bandung yang mengasikkan, yang penuh edukasi, dan tentunya hemat pengeluaran. Oke bunda, silahkan mencoba gaya kami. Bandung itu asyik loh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar