Rabu, 13 Juni 2018

Tips Mudik Bahagia

(bukan artikel😂)

Tak terasa yah, hari raya idul fitri tinggal beberapa hari lagi. Pasti yang punya kampung halaman sudah bersiap melakukan perjalanan. Atau jangan-jangan sudah sampai tujuan? Bagi yang baru mau mudik bisa intip coretan iseng ini sejenak, hitung-hitung pengingat. Kalau yang sudah mudik anggap saja sebagai bacaan hiburan.

Mudik, fenomena yang selalu berulang tiap tahun menjelang lebaran. Anehnya walaupun sudah sering, tetap saja jadi suatu 'kericuhan' yang berulang pula. Malah seringkali hal-hal kecil jadi hal besar yang bikin jengkel. Nah, sebenarnya mudah saja meminimalisir hal kecil yang menjengkelkan itu. Yuk, kita lihat kumpulan 'sepele' berdasar pengalaman pribadi ini.

💊Obat-obatan

Benda-benda kecil ini sering terlewatkan begitu saja. Padahal andilnya penting dalam menciptakan kenyamanan mudik. Nah, jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan sebelum berangkat. Biasanya jenis yang umum saja seperti, tolak angin, antimo, paracetamol atau sanmol dan minyak angin (aroma terapi). Obat-obatan pribadi bagi yang punya masalah kesehatan pun jangan sampai terlupakan. Usahakan semuanya disiapkan dalam tempat yang mudah ditemukan.

🍔Stok Makanan dan Minuman

Bagi yang membawa anak kecil, ini jangan sampai terlupakan loh! Bisa rewel sepanjang jalan para 'krucil' itu kalau keinginannya tak terpenuhi. Persiapan makanan dan minuman diawal juga bisa menghemat pengeluaran selama perjalanan. Ancang-ancang juga, jika kendaraan telat berhenti ketika waktu buka tiba. Stok 'manmin' ini bisa berupa camilan atau makanan berat. Tergantung kepraktisan para pemudik.

💰Uang Kecil

Ini hal sepele yang sering menjengkelkan. Ada uang kecil? Pasti pertanyaan itu sering terlontar ketika hendak membayar dengan lembaran bernominal besar. Akhirnya malah banyak waktu terbuang, karena harus dadakan menukar uang. Sebaiknya uang pecahan kecil disiapkan sebelum mudik. Penukaran uang bisa di bank atau juga di minimarket. Malah banyak juga yang menukar uang dengan recehan dari tukang parkir.

☎️Nomor Telepon Penting

Catat nomor-nomor penting di catatan ponsel. Atau bisa juga di kertas yang ditempel di dashboard. Pastinya kita selalu berharap perjalanan lancar sampai tujuan. Tapi siapa tahu ada hal-hal diluar prediksi. Seperti mendadak mogok. Atau tiba-tiba membutuhkan jasa dokter. Siapkan nomor-nomor seperti nomor telepon bengkel, rumah sakit, polisi, nomor keluarga dekat dan nomor telepon teman dekat.

🚗Cek Kondisi Kendaraan

Ini hal wajib yang harus dilakukan. Cek kondisi kendaraan sebelum mudik. Ada baiknya dibawa ke bengkel untuk diservice terlebih dahulu. Cek semua ban dan lampu juga. Bagi yang berkendaraan umum, harus jeli melihat kondisi kendaraan yang akan ditumpangi. Daripada basah kuyup, lebih baik sedia payung sebelum hujan kan?

Seringkali hal biasa menjadi luar biasa-- yang cukup membuat 'gegar otak' bila disiapkan biasa-biasa saja. Selamat mudik bahagia. Semoga sampai tujuan dengan selamat. Mohon maaf lahir dan batin dari keluarga besar Martaprawira dan keluarga besar Surakusumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar