Kamis, 13 Juli 2017

Game level 2 # Melatih Kemandirian Anak

      Ternyata masalah mandiri dalam hal mandi terdapat juga pada anak usia sekolah dasar. Dan memang terjadi, seperti halnya pada anak bungsu saya. Awalnya maksud hati ingin serba cepat karena mengejar waktu jam sekolah. Jadinya setiap kebutuhan anak serba disediakan serba dilayani. Mungkin bagi sebagian anak hal ini tidak menjadi masalah, tapi anak bungsu saya termasuk anak yang tidak menyianyiakan kesempatan dilayani hehe. Akhirnya malah menjadi kebiasaan yang cukup mengesalkan, karena seharusnya di usianya tidak lagi bermasalah dalam kemandirian membersihkan diri.
      Karena awalnya serba ingin cepat dari mulai air panas dalam teko, handuk, sikat gigi yang sudah diberi pasta, sampai menyimpankan handuk bekas pakaipun dilayani. Eh ternyata anak malah keenakan dan tidak mau melakukan segala sesuatunya sendiri. Di tantangan melatih kemandirian ini saya ingin mencoba memperbaiki segala kebiasaan yang salah itu. Diawali dengan membangunkannya di pagi hari dan memintanya untuk mandi.
      Rupanya adek cukup malas untuk melakukan aktivitas mandi pagi ini. Dia keluar lagi dari kamar mandi dan sedikit heran, bertanya mana air panas dan handuknya. Saya hanya pura-pura sibuk dan seolah-olah hanya sempat mengambilkan teko air panas saja.
" mih, handuknya dong... rengeknya.
Saya pura-pura tidak mendengarnya, " duh, adek bisa tolong mamihkan? ini masakannya tidak bisa ditinggal, jawab sang emak ini.
Terdengar gerutuan lemah keluar dari mulutnya, tapi akhirnya mau tak mau adek mengambil handuk sendiri karena sayapun bersikeras tak beranjak dari depan kompor.
" iih.. mami ko ga sediain sikat gigi siiih? gerutunya kesal sewaktu keluar kamar mandi.
Dan si emak ini hanya tersenyum-senyum simpul saja.

     Ketika saya tengok kamar mandi bekas sikat giginya tergeletak diatas mesin cuci. Rupanya mau juga sikat gigi tanpa harus disediakan. Teko air panasnyapun telah dikembalikan dengan sempurna ke tempat asalnya. Hanya handuk bekas mandinya saja yang masih tergeletak di kamar. Well, masih banyak hari untuk melatih kemandirian. Untuk hari ini cukup sampai disini saja.



#gamelevel2
#day1
#tantangan10hari
#melatihkemandirian
#kuliahbunsayiip
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar