Selasa, 30 Juli 2019

Bantai Mata Kering Dengan Insto Dry Eyes

Jika kamu jadi orang tua, mau memilih yang mana? Memiliki anak yang aktif dan senang bermain di luar rumah, atau anak yang anteng bermain di depan gadget? Bukan hal aneh bila kebanyakan orang tua zaman sekarang lebih senang dan tenang anak-anaknya bermain gadget. Dengan alasan lebih mudah memantau anak, para orang tua seolah berlomba memanjakan mereka dengan berbagai kecanggihan teknologi. Padahal, pada dasarnya anak-anak adalah homo ludens, atau makhluk yang senang bermain. Jadi, akan lebih baik bila mereka dikondisikan berdasar jati diri yang sebenarnya.
Yang menyedihkan, karena begitu menariknya kecanggihan-kecanggihan yang ditawarkan gadget, anak-anak seolah tersedot ke dalamnya dan lebih memilih bersosialisasi dengan dunia maya dibanding dunia nyata. Mereka sepulang sekolah bukannya menyapa orang-orang rumah, tapi malah langsung duduk manis di depan komputer atau bermain gawai. Hal itu saya alami benar di rumah. Anak-anak sibuk dengan urusan mereka sendiri. Yang kenyataannya sibuk dengan game-game yang mereka mainkan. Mereka bisa duduk seharian di waktu libur, bahkan bergadang hingga larut malam karena terhipnotis permainan di komputer.





Lalu, apa yang saya lakukan sebagai orang tua? Sebenarnya, ketika mengetahui anak kecanduan game, saya selalu meminta mereka untuk menyempatkan diri bermain di luar rumah. Sayangnya, daya tarik permainan digital lebih besar daripada permainan konvesional. Anak-anak lebih senang menghabiskan waktu di depan komputer. Padahal, menggunakan gadget itu lebih  baik tidak melebihi dari waktu dua jam. Karena mata yang berakomodasi terus menerus dapat menyebabkan tingkat kelembabannya berkurang,  dan menyebabkan mata kering. Kalaupun terpaksa harus melihat gadget dalam waktu lama, usahakan setiap 20 menit sekali mata istirahat. Fokuskan mata pada hal lain agar otot mata mendapatkan relaksasi. Sebaiknya, melihat objek yang jauh dan berwarna hijau.


Bagaimana aturan menggunakan gadget?

Menggunakan gadget diperbolehkan,tapi dengan aturan:

  • Menggunakan gadget tidak lebih dari dua jam.
  • Jarak pandang mata sebaiknya diatur, jangan terlalu dekat
  • Pada saat menggunakan gadget, sebaiknya tiap 20 menit sekali mata diistirahatkan.

Sayangnya, banyak dari kita yang belum memahami aturan-aturan itu. Akibatnya, anak-anak terancam kesehatan matanya. Saya sendiri pun telah berulang kali memberi anjuran pada anak-anak. Tapi, sekali lagi, magnet dunia maya begitu kuat sehingga mereka sulit teralihkan.


Apa alasan anak begitu menyukai gadget?

Mengapa anak lebih menyukai gadget dari pada bermain di luar rumah? Ada beberapa alasan kuat yang memengaruhi mereka;

  • Faktor lingkungan, anak-anak adalah peniru ulung. Apabila lingkungannya cenderung banyak yang menggunakan gadget, maka dia akan meniru.
  • Kurang perhatian, anak yang merasa kesepian karena kesibukan orang tua, cenderung mengalihkannya pada  gadget.
  • Sering merasa disalahkan, dalam game ketika si pemain gagal, game tidak akan memarahi ataupun menyalahkan. Yang ada malah kata-kata pemberi semangat, seperti "coba lagi". Hal itu membuat anak merasa dihargai. Tidak seperti di kehidupan nyata, ketika melakukan kesalahan biasanya disudutkan.
  • Penuh tantangan, bermain gadget terutama game, membuat anak bersemangat karena banyak tantangan yang harus dipecahkan. Dan, ketika berhasil, si anak  merasa sangat berarti, dan mengambil tantangan berikutnya. Dia juga tertantang untuk memahami bahasa yang digunakan dalam permainan. Dengan kata lain, dunia game telah menyibukkannya dan membuat anak tidak ada waktu bermain di luar rumah.

Begitu besar ketakutan saya ketika menyadari anak-anak tersedot kecanggihan teknologi. Berbagai pikiran buruk sempat terlintas di kepala. Mulai dari takut anak terpengaruh orang asing yang kenal di dunia maya, hingga takut terkena berbagai penyakit mata kronis pun sempat terpikirkan oleh saya.


Hal buruk apa yang bisa diakibatkan gadget?

Apabila  pemakaiannya tidak diatur, gadget bisa mengakibatkan hal-hal buruk;

  • Sosialisai anak kurang, karena waktunya habis dengan bermain komputer, gawai, atau menonton  televisi.
  • Kecanduan, karena banyak tantangan  yang ingin dipecahkan mebuat anak jadi ingin bermain terus. Tanda kecanduan bisa dilihat dari sikap anak yang berubah pemarah. Pemarah karena otaknya letih, dan akibat kurang tidur.
  • Gangguan pada mata, karena mata terus menatap gadget, ia jadi jarang berkedip. Akibatnya, mata jadi berkurang kelembabannya. Hal itu dapat menyebabkan mata jadi sepet, perih, dan lelah.

Kemudian, ketakutan saya jadi kenyataan. Anak sulung mengatakan kalau ada yang tidak beres dengan matanya. Dia datang dengan kondisi mata merah dan perih. Hal itu jadi mengganggu aktivitas  belajarnya. Jadi usahakanlah memantau anak ketika menggunakan gadget. Ketika mereka melawan, usahakan memberikan pengertian untuk menghindari hal-hal yang tidak  diinginkan.


Bagaimana bila berlebihan menggunakan gadget?

Ada hal-hal yang bisa berakibat buruk pada mata bila menggunakannya secara berlebihan;

  • Mata lelah (astonopia), mata ini disertai gejala pusing, pandangan buram, pandangan ganda.
  • Mata kering, pada saat menggunakan gadget mata kurang berkedip, jadi kelembabannya  berkurang. Gejalanya mata jadi, pedih, berair, panas, merah, pandangan kabur.
  • Rabun jauh (miopa), karena sering melihat layar gadget dalam jarak dekat secara berlebihan, akhirnya menyebabkan rabun jauh. Gejalanya sering pusing, apalagi kalau silau. Mata juga kurang jelas melihat objek yang  jauh.

Untuk menghindari hal-hal di atas, disarankan anak-anak lebih banyak melakukan kegiatan di luar rumah, agar mata tidak terakomodasi terus-menerus.


Keluhan anak sulung saya ternyata berlangsung lama. Matanya saya yakini menunjukkan gejala mata lelah. Seperti yang diketahui gejalanya termasuk, mata kering, mata sepet, mata pegel,dan mata perih. Dan, itu sangat mengganggunya. Akhirnya, saya dan anak pergi ke  apotek untuk menanyakan obat yang bagus untuk mengobati mata. Alih-alih membeli obat, saya malah tertarik dengan Insto Dry Eyes  (http://insto.co.id/) yang terpajang di etalase apotek. Dengan keyakinan pada keunggulan produk tersebut, saya pun membelinya.



Tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat mata anak saya kembali normal. Setelah setiap hari meneteskan Insto Dry Eyes sebanyak dua tetes, matanya menunjukkan perubahan, dan kembali sehat. Hal itu disebabkan karena indikasi umum Insto Dry Eyes memang untuk mengatasi kekeringan pada mata dan sebagai pelumas mata. Dengan harga relatif terjangkau 15.000 rupiah, Insto telah memberikan hasil yang luar biasa.

Zat aktif hidroxyprophylmetyl selulose dan benzalkonium chloride yang dikandungnya sangat ampuh digunakan untuk mengatasi gejala mata kering dan sebagai pelumas mata. Benda mungil ini sangat mudah dibawa-bawa, dan untuk musim kemarau seperti ini memang disarankan untuk selalu menyediakannya. Karena berdasar pengalaman saya pribadi pula ketika mata terkena debu hingga perih dan  berair, ternyata produk ini juga ampuh digunakan untuk mengobatinya. Padahal, saya menetesi mata dengan kondisi masih menggunakan hard lens. Insto Dry Eyes rupanya aman pula untuk digunakan pada mata saya yang menggunakan lensa kontak keras.



Namun, itu bukan berarti kita jadi longgar lagi dalam mengawasi anak dalam memakai gadget. Karena mata merupakan indera penting yang harus dirawat kesehatannya. Cegah pemakaian gadget yang berlebihan pada anak. Usahakan anak-anak lebih banyak berinteraksi dengan tema-teman di luar rumah, karena olah tubuh juga merupakn salah satu faktor pendukung berkembangnya kecerdasan. Dan, biarkan Insto Dry Eyes ikut membantu kita merawat kesehatan mata keluarga.


43 komentar:

  1. iya tuh
    mungkin anaknya gak peka kalo matanya kering, maka kita yang harus negur dan mengingatkan mereka untuk segera pake insto

    BalasHapus
  2. Keasyikan main game, mata perih juga gak dirasa. Memang sudah wajib sedia Insto

    BalasHapus
    Balasan
    1. wajib insto mah, apalagi musim kemarau gini yah

      Hapus
  3. Yups, itulah generasi milenial saat ini. Lebih senang bercengkrama dengan gadget daripada dengan teman-temannya.
    Mencegah lebih baik daripada mengobati, harus siap sedia insto untuk menjaga kesehatan mata anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju, kitanya yang harus giat mengingatkan

      Hapus
  4. Produk recommended tuk mata kering😊, terima kasih atas informasinya kak Yola.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, cocok buat kita yg mager depan gadget terus hehe

      Hapus
  5. Ini sih, kayaknya aku mesti pake juga, Kak. Keren artikelnya. Luv deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haruuss..makasih, emang kebetulan pengalaman pribadi

      Hapus
  6. Nah itu dia kadang anak2 jaman now ga bisa lepas dari gadget ya, tapi kadang butuh apalgi buat pelajaran2 ato grup2 sekolahnya hihi. Bisa cari solusi dengan menyiapkan Insto, always nyetok akutu di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap, mba..apalagi musim kemarau gini harus selalu ada

      Hapus
  7. mata perih itu ga enak banget beneran, makanya harus banget dicegah pakai insto, soalnya kalo udah ngucek tuh ketagihan tapi udahannya bikin sakit

    BalasHapus
  8. Sebagai alat indera yang sangat penting kesehatan mata harus sudah kita tekankan kepada anak juga sejak dini. Mata sepet dan kering tidak boleh dibiarkan segera atasi dengan Insto.

    BalasHapus
  9. Yoi maakk, kudu disiasatin gimana caranya supaya mata kering tdk terjadi lagi
    Thanks to INSTO Dry Eyes!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus dibatasi pemakaian gadget juga, mbak

      Hapus
  10. Aku juga khawatir nih mbak anak ku kecanduan gadget. Kondisi mata emaknya udah pake kacamata soale

    BalasHapus
  11. Bunda selalu bawa dlm tas insto dry eyes ini sejak sembuh dari penyakit mata merah yg parah.

    BalasHapus
  12. Aku juga paling benciiii deh kalau mata kering! Asli mengganggu banget ya. Enaknya ada eye drops terus yaaa

    BalasHapus
  13. Anak-anak suka gak menyadari kalau mata mereka kering. Suka main kucek aja. Nanti malah jadi makin gatal dan perih. Harusnya pakai Insto eye drops, nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan dikuceek..anakku juga paling doyan ngucek mata

      Hapus
  14. Saya juga suka pakai Insto Eye Drops mbak apalagi mengobati berbagai gejala mata kering seperti sepet, pegel dan perih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kena iritasi ringan juga ternyata cocok pake insto ini

      Hapus
  15. Yoi banget anak peniru ulang. anak saya usia 4tahun kalau lihat anak lain selalu megang hp pasti nanya kenapa mereka boleh mi. maksudnya boleh megang hp sambil youtuban sedang kakak ngak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan keseringan bagusnya, tapi kalo mengenalkan ga apa-apa

      Hapus
  16. Tuh aku keseringan mba buka laptop terus dan satu sisi sering buka gadget. Jadinya ya gitu mata sering kering

    BalasHapus
  17. Iya nih jd ngingetin banget sdh lama ga periksa mata padahal tiap hr menatap layar terus nih. Untungnya ada insto ya bs mencegah mata kering

    BalasHapus
  18. Dulu, kalo mata perih dan kering itu, alm. bapak suka ngasih air di kuncup bunga kecubung. Katanya itu air embun. Dan beneran mata jadi seger. Maklum di kampung. Sekarang, pohon bunga kecubung udah gak ada lagi. Kalo mata perih dan kering, pake Insto ini. Seger lagi deh mata. :D

    BalasHapus
  19. Yang suka kena mata kering sih selama ini aku, kalau anak=anak memang dibatasi. MAkanya stok Insto Dry Eyes juga di rumah buat jaga2. Udah sejak kuliah , kerja, sampai jadi ibu rumah tangga berteman dengan laptop hihihihi harus istirahat ya sesekali

    BalasHapus
  20. Mata aku sering banget gatal ini, bisa jadi tanda tanda kurang cairan di mata ya.. huhu apalagi gadget dan laptop jadi teman sehari hari.. jadi mata kering bisa terjadi di aku.. sip aku sedia insto ya drumah supaya mata ngga gampang kering

    BalasHapus
  21. Mata kering emang enggak enak banget rasanya, ya, Mbak. Insto ini selalu tersedia di rumah. Suami saya kerap bermasalah dgn mata. Insto memang sip

    BalasHapus
  22. Aku milih anakku aktif bermani di luar, Mbak. Pun aku juga lagi mengurangi pemakaian gadget sama anakku. Eman banget matanya. Bahkan temuanku yang terbaru, dia malah doyan makan setelah tidak nonton HP. Soalmata kering, andalan kita sama, Mbak. Insto Dry Eyes memang juara.

    BalasHapus
  23. Yups kalau mata kering teteskan insto aja karena membantu memberikan cairan dan menjegah mata kering.

    BalasHapus
  24. Aku juga pakai Insto ini untuk mata kering. Alhamdulillah cukup membantu. Mata jadi segar lagi.

    BalasHapus
  25. Aku kan biasa pake motor kemana-mana, sering banget mata kena debu. Harus sedia insto klo kayak gini. Biar ga iritasi dan mata kering.

    BalasHapus
  26. sepertinya saya juga butuh insto nnih karena akhir-akhir ini mata sering perih dan lelah karena kebanyakan begadang

    BalasHapus
  27. Saya terus terang baru tahu aturan menggunakan gadget tersebut hehehe. Terima kasih infonya Mba Saya bakal sampaikan ke sepupu saya yang punya anak kecil dan emang hobi main gadget hehe

    BalasHapus
  28. Waduh anak2 mah gt yah,gak peduli kesehatan kaya orangtua,untung insto dry eyes bisa untuk anak2 ya.

    BalasHapus