Senin, 31 Oktober 2016

Resep Iseng

 
            Awalnya merasa sayang dengan ubi ungu kukus yang tersaji begitu saja di meja tanpa ada yang menyentuhnya. Mumpung hari minggu dan kebetulan bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia didapur, aku ambil inisiatif untuk mengolah ubi ungu menjadi donat. Daripada dibuang sayang mending diolah jadi sesuatu. Sebenarnya resep donat yang aku ketahui memakai kentang, tapi kali ini ingin mencoba sesuatu yang baru. Rasanya memang lebih enak dengan menggunakan kentang kukus menurutku tapi memakai ubi ungupun ternyata lumayan enak, berikut resep yang aku gunakan :

  1. satu buah ubi ungu kukus, dihaluskan.
  2. seperempat terigu kualitas baik
  3. satu butir telur
  4. mentega dua sendok makan munjung
  5. setengah sendok teh garam
  6. setengah bungkus fernipam
  7. tepung gula secukupnya, untuk bahan taburan
  8. minyak goreng
cara membuat :

    kocok lepas telur kemudian masukkan kedalam wadah bersama terigu, mentega, ubi kukus halus, garam dan fernipam. Aduk rata, tambahkan air sedikit saja, terus aduk hingga semua adonan tercampur merata. Kemudian bentuk adonan bulat-bulat dan diamkan selama satu jam dalam wadah yang ditutup lap.
     Setelah didiamkan selama satu jam agar adonan mengembang, panaskan minyak dengan api sedang dan goreng adonan satu persatu. Adonan donat ubi akan matang dengan waktu yang singkat, jadi jangan terlena menggoreng terlalu lama yah..setelah matang angkat dan tiriskan. Taburi donat ubi ungu dengan gula tepung halus. Selamat mencoba..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar